10 Tips Menjadi Dropshipper Online Sukses (Part 2)

10 Tips Menjadi Dropshipper Online Sukses (Part 2). Halo teman-teman dropshipper online seperjuangan, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips lanjutan yang sebelumnya sudah kita bahas pada artikel sebelumnya disini

6. Membangun Brand Identity

10-tips-menjadi-dropshipper-sukses-part-2-pinterjualanonline.com

Jangan salah, kalian yang bergerak sebagai dropshipper online pun juga memerlukan sebuah brand identity yang baik lho.. Walaupun interaksi jual beli yang dilakukan terbatas pada dunia maya, bukan berarti dengan online, semuanya menjadi mudah. Justru membangun brand identity di dunia maya ini akan menjadi (bagi saya) lebih berat karena kita tidak bisa secara langsung membaca emosi dari si calon pelanggan.  .

Brand itu dapat diibaratkan sebagai KTP” atau tanda pengenal yang wajib ada dalam usaha jual-beli online teman-teman. Brand bukan hanya sekedar logo maupun sebatas nama, tapi juga bisa nancep di pikiran calon pelanggan kalian. Bisa dibilang, brand itu bisa merepresentasikan pengalaman calon pelanggan ketika berinteraksi dengan kalian. Sama halnya dengan rapport anak sekolahan, seorang dropshipper online hendaknya mempunyai brand yang ciamik dan harus bisa menghindari “nilai merah” yang seringkali timbul akibat adanya miskomunikasi dengan pelanggan kamu. Nah, di dunia usaha, nilai merah ini dapat dihindari dengan cara peningkatan pelayanan dan kualitas.

Sebagai contoh, apa yang ada di pikiran teman-teman ketika mendengar merk Xiaomi? Tentunya pasti spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang gak bikin kantong jebol, varian produk yang banyak dan memiliki forum tutorial yang selalu update, optimasi gampang dan lain lain,  Contoh lainnya sebut saja IKEA. Udah jelas lah ya, kalo produk-produk besutan IKEA ini memberikan kesan modern, minimalis, praktis serta fungsional serta cocok banget buat pasangan muda.

(Ini semua cuman contoh lho ya, bukan bermaksut promosi) Hehehe…

Cara Menciptakan Brand Identity yang Powerfull

Agar dapat memiliki brand identity yang kuat sepeti contoh yang disebutkan diatas, teman-teman dapat melihat beberapa indikator berikut ini:

Faktor internal (komunikasi pribadi)

  • Pelayanannya ramah
  • Respon cepat
  • Bisa memberikan info produk secara jelas
  • Rajin “menyapa” pelanggan lama maupun calon pelanggan baru
  • Supportif dalam memberikan solusi bagi permasalahan pelanggan terkait produk yang dibeli

Faktor eksternal (produk)

  • Memberikan kemudahan dalam bertransaksi
  • Memberikan nilai lebih pada produk yang dijual (potongan harga, bonus produk)
  • Fleksibel. Jika terdapat masalah pada produk yang dikirimkan (perbedaan warna, ukuran, model, dan lain sebagainya), kalian dapat memberikan solusi yang tepat.
  • Memberikan penawaran spesial kepada pelanggan yang melakukan repeat order maupun pembelian berkala
  • Memposting testimonial pelanggan dan tag di media sosial (cross-promotion), kemudian meminta pelanggan tersebut untuk melakukan hal yang sama dengan iming-iming spesial dari kalian.
  • dan sebagainya

Silahkan teman-teman dropshipper coba untuk kembangkan sendiri list yang sudah ada diatas dan tentunya juga supaya bisa lebih sesuai dengan target market teman-teman semua

Pentingnya membangun sebuah brand yang baik berbagai macam jenis bisnis lainnya juga berlaku untuk bisnis dropshipper online. Fungsi dari brand untuk toko online sendiri bukan hanya sekedar logo maupun nama semata. Brand ini tentunya harus membawa “identitas” kita sebagai seorang dropshipper.

7. Menentukan Nama Brand Bagi Dropshipper Online

10-tips-menjadi-dropshipper-sukses-part-2-pinterjualanonline.com (1)

Oke, setelah teman-teman menemukan brand identity yang nantinya akan teman-teman usung dalam strategi jualan teman-teman kedepan, langkah berikutnya kita tentunya perlu menentukan nama brand kalian sendiri.

Supaya teman-teman gak kebingungan dalam menemukan ide nama brand yang uwow, simak deh tips berikut ini:

Gunakan Nama yang Keren bin Nyeleneh. Dalam dunia perdagangan online, hindari penggunaan nama-nama brand yang sudah terlalu umum di pasaran, karena udah banyak banget dipakai sama dropshipper online lainnya, misalnya OL Shop Kece Badai, Mom&Kiddo Online Store, Makmur Jaya Online Shop, Rama666 Shop dan sebagainya.

Begini,,,,

Anggap saja kalian sedang mencari Produk X dan menemukannya di lapak Rama666 dan Rama669, keduanya dibuka di tanggal yang sama. Bedanya, Rama6666 memiliki transaksi order 2x, sementara toko Rama669 belum. Kira-kira toko mana yang bakalan kalian pilih?

Alasan kedua, tentunya penggunaan nama-nama tersebut akan susah untuk diingat sehingga potensi Repeat Order yang dapat terjadi (untuk pembeli yang baru melakukan transaksi sekali di toko kamu) dapat hilang dikarenakan tidak semua pelanggan kamu membookmark ataupun memberikan tanda pada link toko online kamu.

Maka dari itu, gunakanlah nama-nama yang mudah untuk diingat tapi bisa bikin calon pelanggan kalian terbayang-terbayang. Lebih bagus lagi jika bisa disebutkan dalam sekali ucap, misalnya Moderna, Hiccup, Adundas, Kakikuda dan sebagainya. Sesuaikan dengan target market kalian juga ya, supaya bisa senada dengan pemikiran si calon pelanggan pada target market tersebut.

Hindari penggunaan singkatan. Kalo masih ngotot sama jenis nama brand yang satu ini, ya siap-siap aja buat mengalokasikan bujet yang gede untuk promosi di awal. Penggunaan nama-nama singkatan pada tahap awal jualan kalian (terutama di era digital sekarang ini), akan mengurangi tingkat penetrasi calon pelanggan kamu alias bikin ribet buat diinget (fyi, setiap harinya orang mengakses jutaan informasi kedalam pikirannya dan gak semuanya bisa dicerna). Jangan samain brand kamu sama H&M deh. Doi udah puluhan tahun berusaha ngebangun brand imagenya supaya bisa kuat sampai seperti sekarang ini.

8. Membuat Pola

membuat-pola-10-tips-menjadi-dropshipper-sukses-part-2-pinterjualanonline.com

Membuat Pola adalah merupakan strategi lanjutan untuk memperkuat branding yang sudah teman-teman buat sebelumnya.

Balik lagi, karena kita jualannya online, jadi faktor visual disini akan sangat berperan dalam meningkatkan legitimasi kalian sebagai dropshipper yang profesional di mata calon pelanggan. Selain logo, nama, maupun slogan, elemen lain seperti penggunaan font, tampilan lapak, gaya bahasa didalam deskripsi maupun komunikasi dengan calon pelanggan. Gunakan pola yang sama secara berulang-ulang (minimal 1 pola untuk 80 list produk) untuk membentu karakter dari toko online kamu. Kalo udah gini, calon pelanggan kamu pasti bakalan inget deh sama brand toko online kamu dan juga produk apa yang kamu pasarkan ke mereka.

Supaya lebih praktis, tuliskan karakteristik brand atau kata kunci yang “brand kamu banget” kedalam notes yang ada di komputer maupun handphone kalian, agar nantinya bisa dikopi ke setiap deskripsi produk jualan teman-teman yang lainnya

Buat teman-teman yang gak jago soal desain, kalian juga bisa kok coba-coba bikin logo brand sendiri maupun kebutuhan perlengkapan perang marketing lainnya melalui situs Canva.com

 

9. Promosi

promosi-membuat-pola-10-tips-menjadi-dropshipper-sukses-part-2-pinterjualanonline.com

Setelah kedepalan tahapan sebelumnya sudah teman-teman lalui, langkah selanjutnya masuk ke tahap Promosi, dimana pada tahap ini teman-teman sudah mulai memperkenalkan kepada target market mengenai brand sekaligus produk yang teman-teman jual. Saran saya, untuk tahapan awal, daftarkan dulu diri kalian untuk menjadi pelapak di salah satu marketplace yang berbeda dari supplier kalian, misal jika kalian mengambil produk supplier dari Bukalapak.com, maka kalian bisa membuka toko online kalian di Blanja.com. Hal ini untuk menghindari deteksi resi pengiriman ketika kalian nantinya mendapatkan order. Jika kalian membuka lapak di marketplace yang sama dengan supplier kalian, ada kemungkinan nantinya bakal terhambat pada saat memasukkan nomor resi kedalam sistem yang ada di marketplace, karena nomor resi yang sama tidak bisa diinput 2x (sistem akan mendeteksi resi yang sudah lebih dahulu di input oleh si supplier)

Agar jangkauan produk kalian menjadi lebih luas, kalian dapat menilik ke beberapa pilihan sosial media yang ada. Pemilihan sosial media tentunya didasari dengan target market kalian, supaya gak buang-buang waktu dan tenaga karena promosi di kanal yang tidak tepat. Jika target market anda sebagian besar menggunakan Instagram, jangan coba-coba deh buat berpromosi di Linkedin

Topik Selanjutnya:
Social Media Marketing
Teknik LBO Menggunakan Blog Gratisan

10. Evaluasi

evaluasi-promosi-membuat-pola-10-tips-menjadi-dropshipper-sukses-part-2-pinterjualanonline.com

Tahap akhir dari proses menjadi dropshipper online yang sukses adalah dengan evaluasi dan analisa lebiih lanjut mengenai produk yang teman-teman tawarkan. Analisa disini misalnya meliputi: jumlah views produk, jangkauan wilayah produk, penggunaan tagar, komentar maupun chat yang masuk ke inbox dan sebagainya.

Indikator yang biasanya saya jadikan patokan: 
  • Jika views produk tinggi namun masih minim penjualan, cek harga jual umum di pasaran. Apakah dipatok terlalu tinggi atau sudah sesuai.
  • Jika produk masih belum memiliki views sama sekali, cek deksripsi produk. Apakah sudah mencakup keyword dari produk yang ditawarkan dan apakah kata-katanya sudah sesuai dengan apa yang dicari oleh calon pelanggan.
  • Jika inbox yang masuk banyak, tapi calon pembeli belum jadi order / respon, sapa terlebih dahulu melalui chat. Ingatkan jika kita ada disana untuk membantu memenuhi keperluan dia.
  • Jika jangkauan produk sudah luas, namun masih minim penjualan, cek rentang usia dan jenis kelamin yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Apakah gaya bahasa dan behavioral dengan calon pelanggan sudah sesuai
  • Jika pelanggan lama tidak menghubungi kembali, cek apakah sudah memberikan potongan diskon yang sesuai ataupun suatu hal yang dianggap dapat memberikan nilai lebih kepada mereka
  • Jika tidak ada interaksi sama sekali, cek apakah kanal promosi yang digunakan sudah sesuai dengan geografi pelanggan yang dituju.

Ini bukan indikator baku lho ya, tapi sudah lumayan mencakup permasalahan kenapa produk kita exposure nya lebih kecil dibandingkan produk sejenis yangdijual oleh kompetitor kita.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.